TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMKAB TANBU GELAR PENDIDIKAN POLITIK MASYARAKAT BAGI PEMILIH PEMULA

TANAH BUMBU.monitor24jam-Guna meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu 2024, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Pendidikan Politik Masyarakat Bagi Pemilih Pemula.

Kegiatan bertempat di Gedung Olahraga Desa Maduretno Kecamatan Karang Bintang, Selasa (07/11/2023).

Bupati Tanbu Abah HM Zairullah Azhar membuka langsung kegiatan tersebut.

Kepala Bakesbangpol Tanbu, Nahrul Fajeri mengatakan tujuan kegiatan pendidikan politik yaitu untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dan menciptakan pemilih cerdas.

Tujuan lainnya yaitu pengembangan etika dan budaya politik, serta untuk mengantisipasi dari berbagai tantangan Pemilu Tahun 2024.

Pada tahun 2023 ini, sambung Nahrul di anggarkan sebanyak 2.400 orang dan anggaran perubahan di laksanakan di Empat Kecamatan.

Kecamatan tersebut adalah  Angsana, Kuranji, Mantewe, dan Karang Bintang.

“Hari ini, Kita menggabungkan siswa/siswi beserta Perangkat Desa di Kecamatan Mantewe dan Karang Bintang,” ungkapnya.

pendidikan politik

Ia menjelaskan, sasaran kegiatan adalah para pelajar setingkat SMA/Sederajat.

“Kecamatan Karang Bintang yakni SMAN 1 Karang Bintang, SMK Al Madani, SMA Nusantara, dan SMK NU. Sedangkan SMA/Sederajat di Kecamatan Mantewe yaitu SMAN 1 Mantewe, SMK Mantewe, dan Sekolah Aliyah Mantewe,” ujarnya.

Sebelumnya, beber Nahrul, pihaknya juga sudah melaksanakan kegiatan yang sama di Enam Kecamatan, yakni Simpang Empat, Batulicin, Kusan Hilir, Sungai Loban, Satui, dan Kusan Hulu.

Pada kegiatan Pendidikan Politik Masyarakat Bagi Pemilih Pemula ini, Bakesbangpol Tanbu menghadirkan narasumber yakni Bupati, KPU, Bawaslu, dan Kantor Kementerian Agama Tanbu.

Nahrul menambahkan untuk pemilih pemula di Tanah Bumbu pada Pemilu 2024 sebanyak 18.566 orang.

Sementara itu, Bupati Abah HM Zairullah Azhar menyambut baik dan sangat mengapresiasi, di laksanakannya Pendidikan Politik Pengembangan Etika, serta Budaya Politik dalam rangka memantapkan demokrasi pada kehidupan masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bersama, ucap Bupati, Pendidikan Politik dan Etika Budaya Politik sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara berpolitik dengan baik dan bijak.

Hal ini juga di perlukan untuk menjadi acuan dalam memilih calon kandidat pimpinan yang ada di Pemilihan Umum (Pemilu) serta Pilkada Serentak Tahun 2024 mendatang.

Pelaksanaan Pendidikan Politik, Pengembangan Etika serta Budaya Politik ini, di perlukan adanya peran pemuda untuk turut berpartisipasi pada Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024.

Pemuda harus wajib terlibat langsung dalam mendorong peningkatan kualitas kesadaran politik melalui pendidikan politik ini.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekda Tanbu Ambo Sakka, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, KPU, Bawaslu, Kemenag Tanbu, Camat,Wakil Ketua DPRD Tanbu H.Hasanuddin dan Anggota DPRD Tanbu H.Jumron AR,Kepala Desa dan undangan lainnya.(sumber Mc).(Fik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama