HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Monitor24jam

sponsor

sponsor

Find Us On Facebook

Iklan


Olahraga

Featured Video

Daerah

Politik & Hukum

Pendidikan & Budaya

Comments

Kriminal

Iklan


Nasional

Header Ads

Author

Pages

Popular Post

LPJ PKC Gerakan Pramuka Kota T.Tinggi Jadi Temuan Pemeriksa Keuangan.

( illustrasi )


Tebingtinggi, Monitor 24jam - Pengelolaan Dana hibah untuk  Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (PKC GP) Tebingtinggi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Budaya Pariwisata (Disporabudpar) kota Tebingtinggi tahun Anggaran 2017, yang bersumber dari APBD terendus menuai masalah.

Masalahnya, dalam laporan pertanggung jawaban pihak PKC GP tidak melaksanakan sesuai dengan aturan yang ada, bahkan beberapa diantara laporan PKC GP terindikasi mencurigakan dan mengada-ada.

Bahkan pihak pemeriksa keuangan menjelaskan bahwa pemerintah kota Tebingtinggi belum memiliki panduan teknis evaluasi pertanggungjawaban dana hibah, dan tidak didukungnya bukti pengeluaran yang sesuai dengan ketentuan, Demikian seperti dikutip dalam informasi  yang di terima awak media ini,

Terdapat bukti pengeluaran pada pertanggungjawaban dana hibah sebesar 41.juta rupiah lebih  terindikasi dokumen yang diberikan tidak sesuai, serta di temukan bahwa sertifikat dari asosiasi rekanan yang bekerjasama dengan pihak penerima hibah juga sudah tidak berlaku.

Sehingga pihak terkait menemukan sebanyak 28 bukti pengeluaran pada laporan pertanggungjawaban dana hibah yang disampaikan oleh PKC GP Kota Tebingtinggi terindikasi tidak riil sebesar 130.juta rupiah lebih.

Diawali pernyataan sekretaris Disporabudpar Sugeng Saragih  yang di temui pada Kamis (31/01/2019) lalu diruangan kerjanya mengatakan laporan pertanggungjawaban dari pengelola anggaran sudah sesuai dari tanggal dan tahunnya dan di setujui pihaknya.

Ketika itu hibah direalisasikan sebesar 490. Juta  Rupiah dengan satu kali penyaluran berdasarkan NPHD Nomor 0834/670/Dispora-TT/2017, Nomor 07/0215-A / KPTT / 2017, yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Ketua
Harian PKC GP Kota Tebingtinggi.

Selain itu Penyaluran dana hibah tersebut direalisasikan melalui SP2D Nomor 0184/SP2D-LS.1/4.04.05.02/2017 tanggal 24 Maret 2017; Pemko Tebing Tinggi telah mengatur mekanisme pemberian dan pertanggungjawaban dana hibah dalam Perwal Nomor 3 Tahun 2012, sebagaimana  diubah dengan Perwal Nomor 25 tahun 2012 dan diubah terakhir dengan Perwal Nomor 31 Tahun 2017 tentang Pengelolaan pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

Berdasarkan hasil pemeriksaan secara uji petik atas dokumen pertanggung jawaban realisasi belanja hibah TA 2017, diketahui indikasi permasalahannya tidak dilaksanakan evaluasi pertanggungjawaban dana hibah yang disampaikan oleh penerima hibah.

Hasil kutipan awak media dari rekomendasi  Badan pemeriksa keuangan (BPK) RI terdapat masalah dalam laporan evaluasi pertanggungjawaban dana hibah yang tidak dilaksanakannya,perwal tentang pengelolaan pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD, yang seharusnya menunjuk OPD untuk mengevaluasi dokumen pengelolaan hibah sesuai dengan bidangnya.

Kepala  Disporabudpar Jumpa Ukur Sembiring yang ditemui awak media Jum’at (01/02/2019)  di ruang kerjanya mengatakan   terkait masalah indikasi penyalah gunaan  dana hibah  seperti tertuang dalam rekomendasi  BPK RI diakuinya memang ada.

 " Kami ( Disporabudpar ..red ) telah mengingatkan pihak pengelola dana hibah tersebut, agar mengembalikan kerugian negara sesuai temuan, baik secara lisan dan secara tertulis, kenyataannya pihak penerima hibah belum menunjukkan sikap kooperatif dan hanya sekali pembayaran telah masuk ke khas Daerah “ jelas Jumpa ukur.

Dari hasil pemeriksaan atas dokumen pertanggungjawaban dana hibah yang disampaikan oleh PKC  GP Tebing Tinggi kepada Pemko Tebing Tinggi, diketahui terdapat pertanggung jawaban dari PKC Tebing Tinggi atas dana hibah yang tidak didukung bukti pengeluaran yang syah. ( tim JOC )





Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *