HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Monitor24jam

sponsor

sponsor

Find Us On Facebook

Iklan


Olahraga

Featured Video

Daerah

Politik & Hukum

Pendidikan & Budaya

Comments

Kriminal

Iklan


Nasional

Header Ads

Author

Pages

Popular Post

PT. Mara Jaya Lakukan Kriminalisasi Serikat Pekerja.


Medan-Monitor24jam.com
Ratusan Massa yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Serikat Buruh Sumater Utara (APBD-SU) 
Kamis (19/09/18) melakukan demonstrasi di depan gedung Mapoldasu terkait kriminalisasi Serikat Pekerja Perkebunan oleh PT. Mara Jaya Batu Rata Bangun Purba Deli Serdang. 

Dalam orasi yang disampaikan Sekjend APBD-SU Natal Sidabutar, SH mengatakan " PT. Mara Jaya telah secara nyata telah menghalang-halangi pekerjanya yang membentuk atau menjadi pengurus Serikat  Pekerja Perkebunan Indonesia (serbundo). Sebagaimana yang tertuang  dalam pasal 5 UU. No. 21 Tahun 2000 bahwa setiap pekerja/buruh berhak membentuk dan menjadi anggota serikat pekerja/serikat buruh sama halnya juga dengan pasal 28 menyebutkan siapapun dilarang menghalang-halangi atau memaksa pekerja/buruh untuk membentuk atau tidak membentuk, manjadi pengurus atau tidak menjadi pengurus, menjadi anggota atau tidak menjadi anggota dan/atau menjalankan atau tidak menjalankan kegiatan serikat pekerja/serikat buruh". Pasal jelas dinyatakan bahwa perbuatan atau tindakan penghalang-halangan kebebasan berserikat adalah merupakan perbuatan tindak pidana kejahatan. Bentuk tindakan kriminal yg dilakukan PT. Mara Jaya kepada beberapa pekerja/buruhnya melakukan PHK sepihak tanpa didahului adanya permintaan penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.APBD-SU meminta kepada pihak Poldasu untuk menindaklanjuti tindakan  kriminal PT. Mara Jaya.
Dalam kesempatan yang sama pihak humas Poldasu di wakili Kompol Rudi Silaen  "Pernyataan sikap APBD-SU akan ditindaklanjuti dengan prosedur hukum yang berlaku tanpa merugikan hak-hak pekerja/buruh pungkasnya.Selanjutnya Massa membubarkan diri dan melanjutkan aksinya kekantor PT.Mara Jaya.(Rj)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *