HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Monitor24jam

sponsor

sponsor

Find Us On Facebook

Iklan


Olahraga

Featured Video

Daerah

Politik & Hukum

Pendidikan & Budaya

Comments

Kriminal

Iklan


Nasional

Header Ads

Author

Pages

Popular Post

TP PKK Sergai Gelar Pelatihan Pengurus UP2K

Generasi news , Sergai
Dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraa Keluarga (TP PKK ) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar pelatihan bagi pengurus kelompok khusus (poksus) Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dari 17 Kecamatan se-Sergai.
Acara pelatihan yang digelar bagi para pengurus poksus UP2K se-Kabupaten Sergai itu dibuka oleh Plh. Bupati Sergai Drs. H. Haris Fadillah MSi dan turut dihadiri Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry, Wakil Ketua II TP PKK selaku Ketua Pelaksana kegiatan Ny. Hj. Imas Haris Fadillah dan Kepala BPMPD H. Ifdal S.Sos, MAP bertempat di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (21/2).
Plh Bupati H. Haris Fadillah mengemukakan bahwa UP2K desa merupakan salah satu alternatif pokok untuk menopang perekonomian masyarakat mengingat perempuan adalah salah satu aset pembangunan yang belum diberdayakan secara maksimal. Khususnya peran perempuan yang masih sangat terbatas dalam kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi keluarga.
Untuk itu diperlukan strategi dan model kegiatan UP2K desa agar lebih membumi dan diterima masyarakat yang dilaksanakan dalam 5 langkah pokok berupa peningkatan kemandirian melalui pendampingan, memantapkan kelembagaan, meningkatkan pengetahuan dan sumber daya manusia, meningkatkan permodalan serta mengembangkan pola kemitraan usaha, jelas Plh Bupati.
Ketua Kolompok PKK Desa juga diminta aktif memberdayakan masyarakat dalam mengoptimalkan halaman pekarangan rumah guna meningkatkan perekonomian keluarga seperti menanam palawija dengan menggunakan media pot dan polybag.
Kemudian dihimbau Plh Bupati Haris Fadillah agar para peserta pelatihan sungguh-sungguh mengikuti seluruh kegiatan sehingga mampu memberikan perubahan yang lebih baik dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga selaras dengan gerakan pelaksanaan 10 program pokok PKK di desa masing-masing.
Sebelumnya, Ketua TP  Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry Nuradi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa upaya pengembang UP2K salah satunya adalah menumbuhkembangkan kemampuan wirausaha keluarga untuk memperluas lapangan kerja. Dalam hal ini melakukan pembinaan dan pengembangan usaha kecil menengah di dalam kelompok masing-masing.
Ketua Panitia Ny. Hj. Imas Haris Fadillah dalam laporannya menyebutkan bahwa beberapa materi yang akan dibahas melalui pelatihan ini yakni peranan UP2K dalam meningkatkan pendapatan usaha kecil, usaha peningkatan pendapatan keluarga, tugas pokok dan fungsi Pokja II dan pengisian buku UP2K yang dibawakan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut dan TP PKK Sergai.
                                                                                                Kader Posyandu
Tim Penggerak PKK Sergai juga melaksanakan pelatihan bagi kader posyandu se-Kabupaten Sergai sehari kemudian, Jumat (22/2) di lokasi yang sama aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah yang diikuti 85 peserta.
Pelatihan ini juga dibuka oleh Plh Bupati Drs. H. Haris Fadillah, MSi dan turut dihadiri Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry, Wakil Ketua II TP PKK selaku Ketua Pelaksana kegiatan Ny. Hj. Imas Haris Fadillah dan Ketua BPMPD H. Ifdal, S.Sos, MAP.
Pelatihan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan dan pembekalan bagi pengurus TP PKK Desa/Kelurahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan melalui posyandu. Diharapkan kader posyandu dapat mengintegrasikan kegiatan layanan sosial dasar masyarakat sebagai upaya penguatan peran posyandu sehingga tidak hanya sebatas memberikan layanan Kesehatan Ibu dan anak. Secara lebih luas, Posyandu dapat layanan lainnya seperti PAUD, Bina Keluarga Balita (BKB), Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Kesehatan lanjut usia dan pengembangan ekonomi masyarakat berbasis keunggulan setempat.(ARIS)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *